Pedoman Puasa

informasi & panduan lengkap seputar Ramadhan

Awal Puasa Ramadhan NU, Muhammadiyah, Pemerintah, dll.

Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan Jatuh 11 Agustus

Selasa, 10 Agustus 2010, 19:37 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA–Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama, memutuskan bahwa 1 Ramadhan 1431 H jatuh Hari Rabu 11 Agustus 2010 M. Dengan demikian, berdasar keputusan sidang istbat Kementerian Agama, mulai besok umat Islam di seluruh Indonesia mulai menjalankan ibadah puasa.

Kepastian soal awal ramadhan ini disampaikan oleh Menteri Agama, Suryadharma Ali, usai sidang Itsbat yang berlangsung di Jakarta, petang ini. “Hasil menunjukkan bahwa hilal sudah di atas ufuk dan sudah bisa dirukyat,” ujar dia. Suryadharma mengungkapkan bahwa pihaknya juga secara resmi menyelanggarakan rukyat di 10 titik dengan merangkul instansi-instansi terkait.

“Setelah mencermati berbagai laporan, serta mencermati pertimbangan dan pandangan para ormas Islam dan ulama, maka kami berkesimpulan, kita semua sepakat, besok atau tanggal 11 Agustus 2010 adalah tanggal 1 Ramadhan 1431 H,” kata Suryadharma menjelaskan.

Sebelum mengumumkan soal jatuhnya 1 Ramadhan, Menteri Agama terlebih dulu mendengarkan laporan dari Ketua Badan Hisab Rukyat Kementerian Agama Republik Indonesia, H Rohadi Abdul Fatah. Dia mengungkapkan bahwa beberapa dasar penghitungan hisab menunjukkan bahwa ijtima’ menjelang Ramadhan jatuh Selasa 10 Agustus 2010 atau bertepatan 29 Sya’ban, sekitar pukul 10.09 WIB.

Sedangkan tinggi hilal saat matahari terbenam, kata dia, memiliki ketinggian antara 1 derajat 14 menit hingga 2 derajat 32 menit. Rohadi juga mengungkapkan bahwa pihaknya telah menerima laporan terlihatnya hilal di empat titik. Kata dia, hilal terlihat di Probolinggo, Gresik, Cilincing, dan Bengkulu. Menurut Rohadi, mereka yang melihat hilal itu sudah disahkan kesaksiannya oleh Pengadilan Agama setempat.

Di tengah pengumuman awal Ramadhan usai sidang itsbat, Suryadharma sempat menerima pertanyaan dari beberapa pihak. Salah satu penanya yang juga peneliti Lapan, Thomas Djamaluddin mengingatkan pemerintah untuk menetapkan kriteria soal terlihatnya hilal. Dengan demikian perbedaan penetapan awal bulan penanggalan hijriyah bisa diselesaikan.

Puasa: Muhammadiyah Hisab, NU Tunggu Rukyat

Senin, 2 Agustus 2010 22:41:59

PAMEKASAN – Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah telah menerbitkan maklumat tentang awal Ramadhan, 1 syawal dan 10 Dulhijjah 1431 Hijriyah.

IMAM SANTOSO Ketua Muhammadiyah Pamekasan melalui SMS menjelaskan, sesuai maklumat PP Muhamadiyah nomor 05/ MLM/I.0/E/2010/ awal Ramadhan jatuh pada hari Rabu 11 Agustus 2010, 1 Syawal pada hari Jumat 10 September dan Idul Adha atau 10 Dzulhijjah jatuh pada hari Selasa 16 Nopember 2010. Penentuan tersebut berdasar hasil hisab PP Muhammadiyah.

Berbeda dengan Muhammadiyah, Pengurus Nahdlatul Ulama (NU) Cabang Pamekasan belum memastikan awal Ramadlan.

ABDUL GHAFFAR Ketua Pengurus Cabang NU Pamekasan mengatakan, berdasar hisab awal ramadhan memang jatuh pada 11 Agustus. Namun pihaknya saat ini masih menunggu hasil Rukyat dan belum memastikan awal Ramadhan.

“Jika NU sendiri berdasar Hisab tapi harus menunggu hasil rukyat terlebih dulu untuk memastikan awal puasa atau penentuan Syawal,” terangnya.

(Fauzi/hen/karimatafm.com)

Filed under: Berita P, Islam ala M Shodiq Mustika, Jadwal P, Panduan P,

2 Responses

  1. Mr WordPress mengatakan:

    Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.

  2. Eka Risqaeni mengatakan:

    tolong saya ingin berkosultasi masalah islam yang baik….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

cara cerdas mendapatkan jodoh ideal cara cerdas mendapatkan jodoh ideal cara cerdas mendapatkan jodoh ideal