Pedoman Puasa

informasi & panduan lengkap seputar Ramadhan

Wajibkah pekerja berat berpuasa?

Apakah para pekerja yang menghabiskan banyak tenaganya, misalnya: kuli, tukang becak, pekerja bangunan, pekerja bengkel, pemain sepakbola profesional, dsb, masih diwajibkan berpuasa di bulan suci Ramadan? Tidakkah puasa itu memberatkan atau mengurangi produktivitas mereka?

Berikut ini jawaban dari sejumlah ulama:

Jawaban dari M Quraish Shihab:
http://ramadan.detik.com/read/2010/08/12/085840/1418691/971/puasa-bagi-pekerja-bangunan

Jika Anda sangat membutuhkan pekerjaan itu, dan Anda sangat merasa letih bila berpuasa sambil bekerja, Anda tidak wajib berpuasa. Tetapi Anda wajib membayar fidyah sekitar setengah liter beras setiap hari selama Anda tidak berpuasa.

Jawaban dari Daar Iftaa’ (lembaga fatwa resmi Mesir).
http://www.pesantrenvirtual.com/tanya/060.shtml

1. Para Fuqoha’ (ahli fikih) memperbolehkan meninggalkan puasa bagi para pekerja keras yang terpaksa harus bekerja di siang hari Ramadhan demi mencukupi kebutuhannya serta keluarganya. Namun ia harus (wajib) mengqadha’ puasa yang ditinggalkannya di lain hari, setelah terlepas dari kesibukan yang melelahkan demikian itu.
2. Apabila ia tidak menemukan hari luang hingga ia meninggal dunia, maka ia tidak terkena hukum wajib qodha’ dan juga tidak terkena hukum wajib memberi wasiat bayar fidyah.
3. Apabila ia yakin atau mempunyai prediksi yang sangat kuat, bahwa ia tidak akan punya kesempatan untuk mengqadha’ puasa di lain hari, maka ia dihukumi sebagaimana orang tua renta (boleh meninggalkan puasa dan harus mengganti setiap harinya 1/2 sha’ bahan makan atau nilai tukarnya [membayar fidyah).

Catatan: satu sha’ = 4 (empat) mud. 1 (satu) mud = 675 gram atau 688 liter (pen). Lihat Glosari Zakat

Yang sudah baku dalam fikih Hanafi, … jika terpaksa harus bekerja di bulan Ramadhan dan ia mempunyai dugaan yang sangat kuat (melalui saran dokter atau melalui pengalamannya sendiri), bahwa puasa dapat menyebabkan kemudharatan bagi kesehatannya atau dapat mengganggu fitalitasnya sehingga ia tidak dapat melaksanakan pekerjaannya (yang merupakan tumpuan hidupnya) secara baik, maka dalam keadaan demikian diperbolehkan baginya untuk meninggalkan puasa (diambil dari Ibnu Abidin). Dan melihat ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan oleh para ahli fikih, maka kewajiban para pekerja keras adalah mengganti (mengqadha’) puasa yang ditinggalnya di lain hari yang luang dari pekerjaan keras.

Fatwa relevan lainnya:

Fatwa di UEA: Para Pekerja Berat Boleh Berbuka Puasa di Siang Ramadhan

Dewan Muslim Jerman: Atlet Sepak Bola Boleh Membatalkan Puasa Ramadhan

Laman: 1 2 3

Filed under: Panduan P, Keringanan P, Islam ala M Shodiq Mustika, ,

4 Responses

  1. […] untuk tidak berpuasa bagi orang-orang tertentu seperti yang sedang sakit, sedang bepergian, sedang bekerja keras, dsb.? Kalau Tuhan dan Rasul-Nya saja memberi keringanan seperti itu, mengapa pemerintah daerah […]

  2. agus mengatakan:

    as,wr.wb
    pak ustz saya mau tanya,
    saya lagi bekerja di malasia tapi saya kemungkinan besar ga bisa brpuasa karena pekerja’an berat,
    tpi jalan satu satu nya harus pulang ke indonesia, tpi orangtua sya, suruh saya tetep di malasia, tpi sedangkan di malasia kemungkinan besar ga bakalan bisa puasa, saya jadi bingung mau pilih yang mana.
    itu aj pak ustaz.
    makasi sbelum nya,

  3. indra L mengatakan:

    Saya bekrja di bidang perkebunan sawit sbg staff tanaman. Saya punya karyawan pemanen yg harus bekerja siang hari, dan kemungkina besar mreka tidak akan sanggup bekerja sambil puasa. Bagaimanakah hukum bagi saya ketika mreka membatalkan puasa krn harus bekerja atas perintah saya?

  4. Aan faizal mengatakan:

    Assalamualaikum.pak ustads.saya mau bertanya.saya adala seorang kuli mobil yg stiap harinya memegang sekop dan cangkul. Demi menafkahi anak dan istri saya.saya bingung ni pak ustadz.kalau saya puasa otomatis saya gk kuat untk kerja.tapi kalau saya nggak kerja otomatis saya nggak bisa mencukupi kebutuhan kluarga saya..?TRIMA KASIH JAWABANNYA.ASSALAMUALAIKUM.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

cara cerdas mendapatkan jodoh ideal cara cerdas mendapatkan jodoh ideal cara cerdas mendapatkan jodoh ideal